Apa itu VSync, Screen Tearing, Screen Stuttering, AdaptiveSync, FastSync, Enhanced Sync, G-Sync, dan FreeSync?
Gamer PC pasti tidak asing dengan istilah VSync, tapi sedikit yang memahami bahwa dalam kondisi tertentu VSync memiliki dampak yang bertolak belakang yaitu Screen Tearing dan Screen Stuttering. Mari kita bahas lebih lanjut.
Saat VSync tidak aktif namun FPS naik melebihi refresh rate monitor, maka akan terjadi Screen Tearing yaitu kondisi di mana layar terbelah horizontal, seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini.
Screen Tearing dapat diatasi dengan mengaktifkan VSync, namun saat VSync aktif lalu terjadi penurunan FPS di bawah refresh rate monitor, maka akan terjadi Screen Stuttering. Penurunan FPS biasanya bertahan dalam rentang waktu yang cukup lebar sebelum naik kembali, sehingga terlihat delay/lag atau gerakan tersendat-sendat (patah-patah).
Idealnya gamer perlu melakukan 2 hal ini, jika terjadi Screen Tearing segera aktifkan VSync, namun saat terjadi Screen Stuttering cepat non-aktifkan VSync.
Untuk mengatasi hal ini, NVDIA dan AMD berlomba-lomba menciptakan terknology baru untuk menyempurnakan kinerja VSync, sebut saja AdaptiveSync, FastSync, Enhanced Sync, G-Sync, dan FreeSync.
AdaptiveSync merupakan teknologi NVIDIA yang melakukan Sinkronisasi dengan refresh rate monitor, AdaptiveSync akan mengaktifkan VSync saat FPS melebihi refresh rate Monitor, dan akan mematikan VSync saat FPS lebih rendah dari refresh rate monitor.
FastSync merupakan peningkatan kerja VSync yang dikembangkan oleh NVIDIA dengan cara meng-aktifkan VSync saat dibutuhkan, dan menambahkan Triple Buffering untuk memilih Frame Data terbaik dalam kondisi yang berbeda.
Enhanced Sync merupakan teknologi AMD yang mematikan VSync saat FPS berada dibawah refresh rate monitor untuk mencegah Screen Stuttering.
Bagaimana dengan NVIDIA G-Sync, dan AMD FreeSync? Kedua jenis fitur ini hampir sama, hanya berbeda secara prosedural dan harus menggunakan monitor yang mendukung teknologi G-Sync / FreeSync. Saat Data Gambar selesai diproses, monitor akan langsung menampilkan Data tersebut tanpa harus menunggu Data berikutnya, kecepatan pengiriman data inilah yang meminimalisir Tearing dan menekan Stuttering.
Demikianlah penjabaran mengenai VSync, Screen Tearing, Screen Stuttering, AdaptiveSync, FastSync, Enhanced Sync, G-Sync, dan FreeSync. Jika ada tambahan atau koreksi, silahkan isi di kolom komentar artikel ini atau di Facebook Page HD Game Center.
Thanks to : NVIDIA Official, AMD Official, DigitalTrend, DisplayNinja, dan Tom's Hardware.





Komentar
Posting Komentar